Menu Dropdown

Rabu, 01 Juni 2011

Soal UKK Administrasi Perkantoran 2010

Soal Uji Kompetensi Keahlian (UKK) 2010 SMK Jurusan Administrasi Perkantoran Tahun Diklat 2009/2010
SOAL UN TEORI PRODUKTIF
JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
TAHUN 2010
PAKET A


1. Pesan (message) atau berita yang disampaikan dalam dalam proses komunikasi termasuk ke dalam …
A. Media
B. Unsur
C. Jenis
D. Lambang
E. Proses

2. Badan Narkoba Nasional (BNN) membuat poster iklan untuk mengajak generasi muda menjauhi narkoba. Komunikasi yang dilakukan BNN tersebut menggunakan lambang …
A. gerak
B. warna
C. gamar
D. bahasa
E. suara

3. Faktor yang menghambat keberhasilan proses komunikasi adalah ….
A. prasangka yang tidak beralasan
B. kepuasan
C. kejelasan
D. kemampuan pihak penerima berita
E. saluran pengiriman berita

4. Radio, tape recorder dan telepon merupakan jenis media komunikas ….
A. audi visual
B. cetak
C. visual
D. gambar
E. audio

5. Alat komunikasi yang paling tepat dan paling mudah digunakan untuk komunikasi jarak jauh disertai bukti fisik adalah …
A. e-mai
B. telepon
C. facebook
D. telex
E. surat

6. Bila penelepon meminta meminta anda untuk menyampaikan pesan kepada pimpinan, anda hendaknya menjawab …
A. nanti saya sampaikan
B. sudah pak, nanti saya sampaikan
C. jelas pak, akan saya sampaikan
D. pesan bapak akan saya sampaikan
E. ya pak, nanti disampaikan

7. Tata cara untuk melakukan hubungan interlokal adalah ....
A. memutar kode wilayah + nomor negara + nomor telepon yang dituju
B. memutar kode wilayah + nomor telepon yang dituju
C. memutar kode negara + kode wilayah + nomor telepon yang dituju
D. memutar nomor telepon yang dituju + kode wilayah
E. memutar nomor telepon yang dituju

8. Tujuan pelayanan prima adalah ....
A. menumbuhkan kepercayaan dan kepuasaan pelanggan
B. melayani pelanggan dengan ramah, tepat dan cepat
C. menempatkan pelanggan sebagai mitra usaha
D. pelanggan merasa dipentingkan
E. pelanggan loyal kepada perusahaan

9. Sebagai petugas resepsionis, cara anda menyambut kedatangan tamu perusahaan adalah dengan mengucapkan .....
A. selamat pagi, perlu dengan siapa?
B. selamat pagi, ada yang bisa kami bantu?
C. selamat pagi, ada apa anda datang kesini?
D. selamat pagi, mau bertemu siapa?
E. selamat pagi, anda?

10. Tata cara berhias yang sesuai dengan penampilan serasi adalah ....
A. menggunakan perhiasan sebanyak mungkin untuk menarik perhatian
B. menggunakan make up tidak berlebihan dan memakai perhiasan sewajarnya
C. menggunakan model perhiasan yang trendy
D. menggunakan make up tebal dan mengikuti perkembangan mode
E. mengenakan model pakaian yang trendy

11. Sikap tubuh tampak dalam postur siaga seperti berdiri tegak dengan dagu sedikit mendongak. Sikap seperti ini mencerminkan ....
A. kehangatan
B. sikap dingin
C. Rasa hormat
D. sikap kecewa
E. rasa bangga

12. Agar dapat bekerja dalam satu tim, prinsip bekerja yang harus dikembangkan adalah …
A. memanfaatkan potensi
B. perencanaan
C. saling menghargai
D. pengontrolan
E. bersikap tertutup

13. Jika sedang mengoperasikan mesin penghancur kertas, hal yang harus diperhatikan dalam menjaga K3 adalah …
A. dasi, penjepit kertas dan kerudung
B. rambut panjang, kerudung, dan penjepit kertas
C. penjepit kertas, alat tulis kantor dan dasi
D. dasi, rambut panjang dan kerudung
E. alat tulis kantor, kerudung dan dasi

14. Untuk membuat laporan hasil rapat (notula) aplikasi software yang biasa digunakan adalah …
A. Ms. Access
B. Ms. Excel
C. Ms. Project
D. Ms. Word
E. Ms. Power Point

15. Aplikasi software yang biasa digunakan dalam pembuatan slide presentasi adalah ...
A. Ms. Power Point
B. Ms. Word
C. Ms. Access
D. Ms. Project
E. Ms. Excel
16. Peralatan kantor yang berfungsi menghancurkan dokumen yang sudah tidak digunakan lagi disebut mesin …
A. stensil
B. offset
C. risograph
D. foto copy
E. document distroyer

17. Perawatan terhadap perlengkapan dengan tujuan agar perlengkapan itu lebih awet digunakan dalam hal ini lebih diutamakan pada pencegahan sebelum terlanjur rusak disebut…
A. reparasi
B. perbaikan
C. pemeliharaan
D. penggantian
E. perakitan

18. Yang termasuk dokumen “LITERER” menurut bentuk fisiknya adalah …
A. tugu
B. arsip
C. buku
D. benda sejarah
E. naskah proklamasi

19. Gambar dengan bentuk surat lurus (block) yang biasa digunakan dalam perusahaan adalah …


20. Penulisan tanggal surat yang benar adalah …
A. Denpasar : 13 Agustus 2009
B. Denpasar, 13 Agustus 2009
C. Denpasar : 13 Agts 2009
D. DPS, 13 Agustus 2009
E. DPS, 13-Agt-2009

21. Gambar surat dengan lipatan ganda sejajar adalah ...

22. Mesin pengganda yang bisa mencetak dokumen lebih dari 100 lembar dengan biaya lebih murah adalah mesin ..
A. cetak
B. resograph
C. stensil
D. faximile
E. foto copy

23. Mesin yang dapat memperbanyak, memperbesar dan memperkecil lebar dokumen asli disebut ..
A. foto copy
B. Resograph
C. stensil
D. faximile
E. Telex

24. Dalam pendistribusian surat masuk pada lingkungan perusahaan, biasanya menggunakan …
A. Buku ekspedisi intern
B. Lembar pengantar
C. Lembar disposisi
D. Kartu kendali
E. Kartu indeks

25. Dalam sistem kearsipan pola baru surat masuk/keluar yang tergolong penting dicatat dalam …
A. kartu indeks
B. kartu kendali
C. buku ekspedisi
D. lembar pengantar
E. lembar disposisi

26. Prosedur pengurusan surat dalam sistem buku agenda adalah ...
A. penerimaan-pencatatan-pengarahan-penyortiran-penyampaian-penyimpanan
B. pengiriman-pencatatan-penyortiran-pengarahan-penyampaian-penyimpanan
C. penerimaan-pencatatan-penyortiran-pengarahan-penyampaian-penyimpanan
D. penerimaan-penyortiran-pencatatan-penyampaian-pengarahan-penyimpanan
E. penerimaan-penyortiran-pencatatan-pengarahan-penyampaian-penyimpanan

27. Sistem penyimpanan arsip yang susunannya berdasarkan kode nomor sebagai pengganti dari nama orang atau badan dinamakan …
A. Sistem Alphabetic
B. Sistem Subject
C. Sistem Kronologis
D. Sistem Numeric
E. Sistem Wilayah

28. Sekat petunjuk yang terbuat dari karton atau kertas tebal sebagai petunjuk pembatasa simpanan arsip untuk membedakan, memisahkan antara masalah utama, masalah dan sub masalah disebut…
A. filing cabinet
B. guide
C. folder
D. ordner
E. kertas indeks

29. Gambar di bawah ini merupakan penyimpanan arsip yang menggunakan sistem ….

A. abjad
B. subjek
C. wilayah
D. nomor
E. tanggal






30. Membuat duplikasi arsip sebagai bahan rujukan merupakan salah satu cara dalam …
A. penyusutan arsip
B. referensi arsip
C. pemeliharaan arsip
D. pemusnahan arsip
E. pemanfaatan arsip

31. Daftar yang berisi tentang jangka waktu penyimpanan arsip yang dipergunakan sebagai pedoman penyusutan arsip disebut …
A. jadwal penghancuran dokumen
B. jadwal retensi arsip
C. jadwal kegiatan penyimpanan
D. kartu penghancur dokumen
E. strategi penghancuran dokumen

32. Perjalanan bisnis adalah …
A. perjalanan yang dilakukan seseorang untuk kepentingan perusahaan
B. perjalanan ke luar kota untuk kepentingan pribadi pimpinan
C. perjalanan ke suatu daerah atau negara dengan tujuan rekreasi
D. perjalanan yang dilakukan seseorang untuk kepentingan bawahannya
E. perjalanan untuk melakukan ibadah

33. Dokumen perjalanan yang diberikan kepada warga negara yang diberi izin untuk meninggalkan negaranya dan untuk bepergian ke negara-negara asing disebut …
A. yellow card
B. surat tugas
C. fiskal
D. paspor
E. visa

34. Daftar yang berisi pokok-pokok permasalahan yang akan dibicarakan dalam suatu pertemuan/ rapat disebut…
A. surat undangan
B. susunan acara
C. agenda rapat
D. akomodasi
E. transportasi

35. Agar semua peserta rapat merasa dihargai dan dapat menimbulkan semangat “team work”, pengaturan tempat duduk di ruang rapat disarankan menggunakan…
A. gaya klasikal
B. gaya konferensi
C. gaya huruf V
D. gaya workshop
E. gaya huruf U

36. Peralatan yang biasa digunakan dalam kegiatan rapat untuk menampilkan bahan presentasi dari komputer atau laptop dinamakan …
A. OHP
B. LVD Projector
C. Flipchart
D. Whiteboard
E. Blocknote

37. Pemimpin rapat yang terbuka, mau menerima kritik dan saran dari peserta rapat, serta terlibat langsung dalam interaksi kelompok. Tipe pemimpin rapat seperti ini disebut …
A. tertutup
B. demokrasi
C. otoriter
D. laizess fair
E. terbuka

38. Peserta rapat yang selalu menentang atau tidak setuju dengan pendapat orang lain dan selalu menyalahkan pendapat orang lain. Peserta rapat seperti ini disebut …
A. tipe pemberi informasi
B. tipe inisiatif
C. tipe pendengar
D. tipe penyerang
E. tipe pemersatu

39. Catatan lengkap semua pembicaraan dalam rapat tanpa ditambahi atau dikurangi disebut…
A. notula rapat
B. catatan rapat
C. memo rapat
D. agenda rapat
E. susunan rapat

40. Dana kas kecil yang nilainya sudah ditetapkan sehingga penjumlahannya hanya ada pada saat pengisian kas itu sendiri. Sistem pengisian dana seperti ini disebut …
A. Imprest fund system
B. Fluctuation fund system
C. Sistem dana rutin
D. Sistem dana campuran
E. Sistem tabelaris

1 komentar:

Tulisa pesan anda